Agar KPR Anda Tak Ditolak Bank

5:48 PM admin 0 Comments

Membeli rumah apalagi dengan menggunakan KPR membutuhkan sebuah proses yang panjang. Memang, dengan cara ini masyarakat berpenghasilan rendah dapat memiliki rumah idamannya karena tidak memiliki kemampuan untuk membayar tunai.

Namun, ternyata agar bank bisa meloloskan permohonan KPR ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Waktu pengurusan yang lama dan banyaknya syarat yang harus dipenuhi menjadi kendala. Pernah mengalaminya? Bagaimana trik supaya KPR anda diloloskan oleh bank? Simak tipsnya yang dikutip dari Okezone.com berikut ini:

Tampil percaya diri
Membeli rumah mirip-mirip seperti mencari jodoh. Kalau Anda malu-malu, tidak PD dan menjengkelkan, maka calon Anda akan kabur. Terhadap bank pun demikian. Tunjukkan sikap bahwa Anda pantas untuk membeli rumah tersebut. Tampilkan bahwa Anda bonafid. Pakailah pakaian yang sopan seperti busana seorang profesional. Baju berkerah, disetrika rapi dan berkancing.

Selain itu sopanlah dalam menjawab atau mengajukan pertanyaan kepada pihak bank. Kesan yang bagus akan membuat pihak bank lebih respek. Meski begitu, Anda mesti juga mempersiapkan dengan baik-baik persyaratan lainnya yang mereka minta.

Perindah penampilan keuangan Anda
Banyak pemohon KPR yang terkapar karena memiliki catatan keuangan yang buruk. Sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Mungkin tanpa disadari telah melakukan keteledoran. Misalnya saja terlambat membayar tagihan kartu kredit. Sebaiknya lunasi semua tagihan kartu kredit Anda setidaknya cukup untuk memproses pengajuan KPR.

Dan seandainya permohonan KPR Anda disetujui, Anda bisa menggunakan kartu kredit milik Anda kembali. Kalau Anda karyawan, bank dapat menolak jika beban cicilan Anda lebih dari 30 persen dari penghasilan per bulan Anda. Sementara, bila Anda pengusaha akan lebih mudah. Karena maksimum bank berani memberikan pinjaman hingga 60 persen dari penghasilan bersih. (as)

0 komentar: